peresmian relawan sapa

PATTIRO Banten bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Pandeglang yang didukung oleh Merck Family Foundation (MFF) melakukan kegiatan pelatihan relawan SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak) di 6 desa yang menjadi lokus DRPPA (Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak) Kabupaten Pandeglang pada tanggal 6 – 7 Maret 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperkuat peran tim SAPA yang sudah dibentuk oleh pemerintah desa sehingga tugas dan fungsi dari relawan SAPA tersebut diharapkan mampu mencapai 10 indikator DRPPA.

Di tanggal 6 Maret PATTIRO Banten bersama fasilitator daerah Kabupaten Pandeglang melakukan kegiatan pelatihan relawan SAPA di Aula Desa Cijakan Kec. Bojong yang dihadiri oleh relawan SAPA dari Desa Cijakan, Desa Cililitan, dan Desa Ciodeng.

Sedangkan di tanggal 7 Maret kegiatan pelatihan relawan SAPA dilaksanakan di Aula Desa Bandung Kec. Banjar yang dihadiri oleh relawan SAPA dari Desa Bandung, Desa Banjarsari, dan Desa Cimanuk.

Hasil dari kegiatan tersebut tim relawan SAPA melakukan tanda tangan rencana aksi yang sudah disusun untuk mencapai 10 indikator DRPPA. Beberapa rencana aksi yang dibuat oleh tim relawan SAPA adalah :

1. Melakukan pendataan desa terkait data terpilah seperti jumlah kepala keluarga, jumlah laki – laki, dan jumlah perempuan.
2. Mendorong adanya Peraturan Desa tentang DRPPA
3. Mendorong ketersediaan pembiayaan dari keuangan desa dan pendanaan asset desa untuk menuju DRPPA.

Selain itu, terdapat beberapa kegiatan nonbudget yang bisa dilakukan oleh tim relawan SAPA seperti melaksanakan kegiatan kesehatan reproduksi dan pencegahan perkawinan anak.

Rencana aksi tersebut akan dimonitoring dan evaluasi (monev) oleh fasilitator daerah dalam hal ini DP3AKB Kab. Pandeglang.

See also  Pattiro Banten dan Kelompok Peduli KIA Mekarsari Audiensi dengan DPMD Kab. Serang untuk Peningkatan Layanan Kesehatan

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.