Posisi KI Banten

148 Aktivis telah mendaftar untuk bersaing mendapatkan kursi sebagai anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten, terdiri dari berbagai latar belakang mulai dari pengusaha, advokat, aparatur sipil negara (ASN), hingga akademisi.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KI Banten, Yhannu Setyawan, mengumumkan bahwa pendaftaran telah resmi ditutup pada Jumat (8/9/2023) pukul 18.00 WIB. “Alhamdulillah, proses pendaftaran berlangsung tertib dan terkendali,” ujar Setyawan saat dihubungi Kabar Banten hari Ahad (10/9/2023).

Setyawan menjelaskan, para pendaftar tersebut tidak hanya berasal dari ASN atau akademisi, melainkan juga dari kalangan mantan komisioner lembaga negara, aktivis perempuan, dan tokoh masyarakat serta aktivis LSM.

Proses selanjutnya adalah verifikasi berkas persyaratan yang akan diikuti oleh tes CAT (computer assisted test) yang telah disiapkan oleh tim seleksi. “Para kandidat yang lolos administrasi akan mengikuti serangkaian tes untuk menentukan 45 besar,” ucap Wakil Ketua Timsel, Subandi.

Subandi menambahkan, 45 kandidat yang terpilih nantinya akan mengikuti tahapan lebih lanjut yaitu tes psikotes, diskusi kelompok, dan wawancara, yang bertujuan untuk menentukan 15 nama terbaik. “Mereka yang lulus dari tiga tahap tersebut akan diwawancarai untuk dikerucutkan menjadi 15 orang,” terangnya.

15 nama yang terpilih selanjutnya akan diserahkan kepada Penjabat (Pj) Gubernur Banten untuk dikirim ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten, yang mana mereka akan memilih 5 individu untuk menjadi anggota KI Banten.

Sementara itu, aktivis Pattiro Banten, Amin Rohani, menyampaikan beberapa catatan terkait proses seleksi ini. Dia berharap agar anggota KI Banten terpilih nantinya tidak menjadikan lembaga tersebut sebagai wadah petugas sidang sengketa. Rohani menekankan pentingnya menjaga integritas dan independensi lembaga tersebut dalam menjalankan fungsinya untuk masyarakat Banten.

See also  Inisiatif Penerapan Omnibus Law Daerah Di Provinsi Banten

Proses seleksi anggota baru KI Banten ini tentunya diharapkan dapat menghasilkan individu-individu berkualitas yang mampu membawa lembaga ini menjadi lebih baik dan mampu mewujudkan tujuan utamanya dalam melayani masyarakat Banten dengan sepenuh hati.

Sumber : Kabar Banten

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.