KATALIS desa Pasir Peuteuy

PATTIRO Banten melalui Program KATALIS (Peningkatan Akses Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak bagi Masyarakat Miskin di Perkotaan dan Perdesaan di Banten) yang didukung oleh Merck Family Foundation melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama bersama masyarakat dan komunitas Peduli KIA dan Stunting di Kampung Kalapasan Desa Pasir Peuteuy, Kec. Cadasari, Kab. Pandeglang pada tanggal 22 Agustus 2023. 

Pertemuan ini bertujuan untuk melaksanakan program Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari pertemuan awal. Menyampaikan tentang Kesehatan Ibu, Anak & stunting. Mendampingi dan memfasilitasi masyarakat melakukan FGD bersama komunitas peduli KIA dan stunting, serta melakukan penilaian kualitas pelayanan KIA dan stunting bersama komunitas peduli KIA dan stunting dengan kegiatan FGD. 

Acara diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Program manager, Amin Rohani. Beliau menjelaskan mengenai tujuan dan hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan diskusi ini. Selain itu, beliau juga menyampaikan gambaran materi yang akan dibahas dalam diskusi (FGD) yaitu:

  1. Membahas daftar inventaris masalah (DIM) Desa Pasir Peuteuy untuk didiskusikan dan dicarikan solusi pemecahannya;
  2. Menyusun rencana aksi sebagai tindak lanjut penyelesaian dari persoalan yang terjadi di Desa Pasir Peuteuy khususnya pada pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA), stunting, perbaikan sanitasi dan air bersih, serta perubahan perilaku hidup bersih dan sehat; 
  3. Menyepakati hasil penyusunan rencana aksi untuk ditindaklanjuti sesuai rencana kerja dan tujuan program.

Untuk itu, dalam pertemuan kegiatan diskusi ini akan dilakukan pembagian kelompok untuk membahas output-output yang muncul dalam DIM yang sudah terinventarisir pada kegiatan sebelumnya.

Sebelum proses kegiatan diskusi (FGD) dimulai, pada sesi ini Program Manager terlebih dahulu melakukan review terhadap proses-proses kegiatan yang telah dilaksanakan di Desa Pasir Peuteuy, mulai dari kegiatan pemetaan lokasi, sosialiasi, identifikasi dan pembentukan kelompok masyarakat peduli KIA tingkat desa yang telah terbentuk. Review ini bertujuan untuk menyegarkan kembali ingatan para peserta yang hadir dalam pertemuan kegiatan diskusi ini sehingga pemahaman para peserta diskusi dapat meningkat.

See also  PATTIRO Banten dan KAMMI Banten Jalin Kerja Sama Strategis

Para peserta diskusi memberikan tanggapan untuk DIM yang permasalahannya sama agar disatukan menjadi satu masalah. Setelah tercapai kesepahaman, maka Program Manager meminta pada Tim program untuk mencatat point-point DIM yang telah disepakati tersebut pada metaplan yang kemudian ditempelkan pada tabel kolom DIM sesuai kategori output. 

Selanjutnya, mempersilakan pada para peserta kelompok diskusi untuk membahas dan mendiskusikan untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut dengan menuliskan jawaban pada potongan kertas metaplan yang sudah dibagikan oleh Tim program yang kemudian jawaban solusi tersebut ditempelkan pada tabel kolom yang telah tersedia.

Dari hasil diskusi kelompok terdapat beberapa masukan dan usulan kebutuhan berupa kegiatan yang akan menjadi prioritas dalam rencana aksi kelompok masyarakat untuk penyelesaian masalah pelayanan KIA, stunting, perbaikan/penyediaan sanitasi dan air bersih, serta kesehatan lingkungan.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.