PATTIRO Banten Mengadakan Pelatihan dan Workshop Kewirausahaan

PATTIRO Banten Mengadakan Pelatihan dan Workshop Kewirausahaan

Membangun Jiwa Kewirausahaan Melalui Pelatihan Pengemasan di Huntara Sumberjaya, Sumur-Pandeglang. Sumber photo : Pegiat PATTIRO Banten

ERR PROGRAM-PATTIRO Banten bersama YAPPIKA-actionaid bekerja sama dengan Bappeda Kabupaten Pandeglang serta Rumah Pengemasan Pandeglang mengadakan workshop dan pelatihan kepada komunitas usaha mikro Huntara Sumberjaya di Huntara Sumberjaya, Sumur-Pandeglang pada Jumat (13/03/2020).

Acara yang bertemakan ‘Membangun Jiwa Kewirausahaan Melalui Pelatihan Pengemasan’ direspon positif oleh Bappeda Kabupaten Pandeglang. Sebab, mengingat komunitas Huntara Sumberjaya merupakan penyintas tsunami Selat Sunda yang pernah terjadi di tahun lalu.

Harapannya dengan diadakannya acara tersebut, dapat menggugah anggota komunitas untuk membangun usaha kewirausahaan yang kemudian dapat meningkatkan aktivitas perekonomian mereka yang dahulu sempat lumpuh akibat bencana tsunami Selat Sunda yang pernah menimpa mereka.

Dalam kegiatan tersebut, peserta yang hadir nampak antusias mengikuti rangkaian acara dari awal hingga akhir. Tanti, salah seorang staf Bappeda Kabupaten Pandeglang berkesempatan untuk menyampaikan materi terkait dengan perintisan usaha dan membaca peluang usaha.

Setelah itu, dilanjut dengan pelatihan pembuatan kemasan dari kertas oleh ‘Rumah Pengemasan’ kepada peserta yang hadir.

Selain dihadiri oleh Bappeda Kabupaten Pandeglang dan juga Rumah Pengemasan Pandeglang, juga dihadiri oleh Kepala Pemerintahan Desa, Siti Wahyuni. Di kesempatan yang sama, Siti Wahyuni menyampaikan dukungan moral nya kepada penyintas tsunami yang hingga kini masih menetap di Huntara.

Dirinya mengaku bahwa mendukung secara penuh usaha yang telah dilakukan oleh komunitas dalam upaya meningkatkan ekonomi pasca bencana.

Di penghujung acara, Bappeda dan Rumah Pengemasan siap untuk memberikan bantuan kepada usaha mikro komunitas tersebut, seperti perihal perizinan usaha hingga masalah labeling dan pengemasan.

Tujuan dari bantuan tersebut adalah agar usaha mereka rintis dapat berjalan dan hingga pada akhirnya mampu meningkatkan taraf perekonomian mereka pasca bencana tsunami. []

See also  PATTIRO Banten Bersama YAPPIKA-ActionAid Mengadakan Pelatihan Jurnalisme Warga

Read Previous

Program Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Sekolah Dan Komunitas

Read Next

Banten Darurat Corona

Leave a Reply

Your email address will not be published.