PATTIRO Banten Bersama Merck Family Foundation Meresmikan Bangunan Sanitasi Umum di Desa Cisuren

Program Sanitasi, Lebak – PATTIRO Banten bersama dengan Merck Family Foundation (MFF) lewat program pembangunan akses sanitasi dan air bersih di daerah terpencil yang berada di Kabupaten Lebak, telah sukses menyelenggarakan peresmian gedung fasilitas umum MCK dan air bersih yang berlokasi di Kampung Satong, Desa Cisuren Kecamatan Bayah pada Minggu (11/07/2021) silam.

Peresmian bangunan sanitasi yang dibangun atas kerjasama antara PATTIRO Banten dengan Merck Family Foundation | Dokumentasi: PATTIRO Banten

Pembangunan gedung fasilitas sanitasi tersebut terselenggarakan berkat program kerjasama pembangunan yang diinisiasi oleh PATTIRO Banten bersama Merck Family Foundation yang dilaksanakan sejak Mei 2021  silam. Tujuan dari program kerjasama tersebut ialah untuk meningkatkan kualitas akses layanan sanitasi dan air bersih yang memadai, khususnya di daerah terpencil yang ada di Kabupaten Lebak.

Entis Oktami Sofyan, selaku perwakilan dari tim Merck Family Foundation yang turut hadir dalam acara peresmian gedung sanitasi tersebut menjelaskan bahwasannya program ini harapannya dapat memberikan dampak yang signifikan bagi kebutuhan masyarakat terkait kebutuhan air bersih dan sanitasi yang memadai. Sebab, hingga saat ini masih terdapat masyarakat yang belum juga memiliki layanan sanitasi yang memadai.

“Harapannya bantuan yang diberikan ini dapat memberikan dampak yang besar bagi kebutuhan masyarakat, khusunya kebutuhan air bersih dan juga akses layanan sanitasi yang memadai”

Selain itu dirinya pun juga turut menjelaskan bahwasannya program kerjasama tersebut bukannya hanya dilaksanakan di Desa Cisuren Kecamatan Bayah melainkan juga dilaksanakan di tiga wilayah lainnya seperti di Desa Mekarjaya Kecamatan Panggarangan, Desa Banjarsari Kecamatan Lebak gedong dan juga di kecamatan Sajira.

Sejurus dengan apa yang disampaikan oleh perwakilan Merck Family Foundation, Ahyat yang merupakan Kepala Desa Cisuren yang juga turut hadir dalam agenda peresmian menyampaikan rasa terimakasih kepada tim Merck Family Foundation dan PATTIRO Banten karena telah membantu pemerintah Desa Cisuren dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat terkait akses layanan sanitasi dan air bersih yang memadai tersebut.

Di dalam sambutannya, Kepala Desa Cisuren menjelaskan bahwasannya jika hanya mengandalkan dana desa yang ada tentu kebutuhan masyarakat tersebut akan sulit dipenuhi terlebih di masa pandemi seperti saat ini, karena alokasi anggaran yang ada dialihkan untuk kebutuhan penanganan Covid-19. Oleh karena itu, dengan hadirnya Merck Family Foundation dan juga PATTIRO Banten lewat program pembangunan akses layanan sanitasi dan air bersih, dirinya turut mengucapkan banya terimkasih, sebab pada akhirnya kebutuhan masyarakat tersebut dapat terpenuhi.

“Saya selaku perwakilan dari masyarakat Desa Cisuren menyampaikan banyak terimakasih, karena telah melaksanakan pembangunan MCK umum dan air bersih di daerah kami. Sebab, kalau hanya mengandalkan dari dana desa yang ada, tentu akan sulit untuk dipenuhi. Ditambah lagi di masa Covid seperti sekarang ini. Maka dari itu, saya sekali mengucapkan banyak terimakasih kembali kepada tim PATTIRO Banten dan Merck atas bantuan yang diberikan,” ungkap Kepala Desa Cisuren dalam sambutan yang disampaikan.

Di agenda tersebut, selain dihadiri oleh tim Merck Family Foundation dan juga PATTIRO Banten, juga turut dihadiri oleh tokoh masyarakat, kasepuhan adat serta Bhabinkamtibmas dari polsek Lebak. []