SEKOLAH AMAN: Arah Baru dan Semangat Baru

Setelah sebelumnya telah berhasil melakukan pendampingan perbaikan pelayanan publik di sektor pendidikan khususnya pendidikan dasar, PATTIRO Banten dan YAPPIKA-ActionAid kini berkomitmen kembali untuk dapat mencapai hasil-hasil yang telah diperoleh sebelumnya dengan kembali menjalankan program Sekolah Aman di kabupaten Serang pada tahun ini.

Hal itu dibuktikan dengan disusunnya kembali rencana strategi pendamingan yang turut melibatkan kembali FOKSA, selaku komunitas sekolah dampingan yang dibentuk oleh PATTIRO Banten dan YAPPIKA-ActionAid guna mensukseskan agenda pendampingan perbaikan pelayanan pendidikan yang ada di kabupaten Serang.

Dalam pertemuan virtual yang dilaksanakan pada Rabu (17/6), PATTIRO Banten memaparkan hasil capaian selama melakukan advokasi perbaikan pelayanan pendidikan di 16 sekolah dasar yang ada di kabupaten Serang.

Dari 16 sekolah dasar tersebut, setidaknya 81 persen sudah berhasil diadvokasi dan masuk dalam daftar perencanaan perbaikan fasilitas sekolah oleh pemerintah daerah kabupaten Serang.

Selain memaparkan hasil capaian advokasi, pembahasan selanjutnya adalah terkait dengan arah gerak baru dalam pendampingan yang mana terdapat perkembangan atau perluasan cakupan.

Setelah sebelumnya target capaian hanya sebatas perbaikan pada aspek fisik bangunan semata, namun untuk kali ini diperluas cakupannya dengan peningkatan kapasitas dan kualitas SDM (tenaga pengajar di sekolah) terkait pembelajaran.

Koordinator program, Amin Rohani mengungkapkan bahwasannya Sekolah Aman dengan 4 sektor intervensi nya – yakni kualitas infrastruktur, kualitas kesehatan anak, kualitas akuntabilitas sekolah dan kualitas pembelajaran – diharapkan dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap mutu pelayanan pendidikan yang baik dan berkualitas.

“(Dengan) semua fokus intervensi ini diharapkan dapat menjadikan sekolah-sekolah yang menjadi intervensi program, menjadi sekolah yang memiliki mutu yang baik dan berkualitas,” ungkapnya.

Di tahun ini dengan tambahan 2 sekolah menjadi fokus dampingan program Sekolah Aman yakni SD Negeri Kedaung dan SD Negeri Pamarayan 3, berarti terdapat 18 sekolah yang masuk dalam daftar dampingan dalam program tersebut.

PATTIRO Banten, YAPPIKA-ActionAid dan FOKSA selaku mitra dari keduanya berharap dapat melampaui capaian sebelumnya yang pernah diraih dalam advokasi perbaikan pelayanan publik di sektor pendidikan yang ada di kabupaten Serang.