PATTIRO Banten dan YAPPIKA-ActionAid Menyalurkan Bantuan Penanggulangan Covid-19 Di Dua Wilayah Dampingan

ERR Banten—PATTIRO Banten bekerjasama dengan YAPPIKA-ActionAid melalui program ERR (emergency response and recovery) telah menyalurkan bantuan berupa masker kepada masyarakat dampingan di dua wilayah yakni Serang dan Pandeglang, pada Rabu (29/4).

Bantuan tersebut diberikan dalam rangka, upaya menanggulangi penyebaran wabah pandemik COVID-19 di provinsi Banten khususnya wilayah dampingan program ERR.

Untuk wilayah Serang bantuan tersebut disalurkan di empat desa dampingan diantaranya, Desa Pasauran dan Umbul Tanjung di Kecamatan Cinangka, Desa Bantarpanjang di Kecamatan Cikeusal dan Desa Susukan di Kecamatan Tirtayasa. Sedangkan untuk wilayah Pandeglang, bantuan didistribusikan di dua desa yakni, Tamanjaya  dan Sumberjaya di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Dalam program ini, bantuan yang disalurkan tidak hanya berupa ribuan masker, namun juga tempat cuci tangan dan handsanitaizer yang dalam proses penyalurannya melibatkan pihak desa, komunitas masyarakat dampingan penyintas tsunami Selat Sunda, dan juga komunitas sekolah dampingan di dua wilayah tersebut.

Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat mendorong pemerintah jauh lebih responsif dalam penangana Covid-19 ini. Selain itu, tidak cukup hanya memberikan himbauan dan seruan terhadap masyarakat, namun pemerintah juga diharapkan segera melakukan jaring pengaman sosial di tengah masyarakat yang berpotensi terdampak wabah pandemik, sebagai bentuk upaya langkah konkrit pemerintah dalam penganggulangan wabah tersebut.