Road Map: Percepatan Perbaikan Sekolah Rusak Di Kabupaten Serang

Sebagaimana dalam pasal 31 Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan kepada pemerintah wajib memajukan pendidikan dengan mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pemerintah wajib memprioritaskan anggaran pendidikan sebesar 20% untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Upaya untuk memenuhi SNP terkait mutu pendidikan, pemerintah telah menetapkan 8 standar kualitas layanan pendidikan, yaitu: standar isi, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan.

Standar sarana dan prasarana merupakan salah satu standar mutu pendidikan yang telah menjadi komitmen untuk dipenuhi, salah satunya adalah infrastruktur yang dapat menunjang pendidikan.

Sarana penunjang tersebut disediakan untuk mendorong pendidikan agar lebih berkualitas. Pemerintah pusat dan daerah memiliki kewajiban untuk menyediakan sarana infrastruktur melalui berbagai instrumen pembiayaan, baik melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara/Daerah (APBN/D), maupun melalui usaha lain yang diatur oleh undang-undang, seperti partisipasi masyarakat.

Dalam hal ini PATTIRO Banten sebagai Organisasi Masyarakat yang turut serta peduli terhadap isu pelayanan dasar sudah sepatutnya memberikan sebuah usulan kebijakan yang dikemas dalam bentuk Peta Jalan (Road Map) Penatakelolaan Rehabilitas Sekolah Rusak di Kabupaten Serang.

Dalam penyusunan ini kami menyadari bahwa kajian ini masih jauh dari kesempurnaan, dan harapan kami semoga hasil kajian ini dapat menambah pengetahuan dan dapat dijadikan sebagai rekomendasi kebijakan dalam Pembangunan Pendidikan kedepannya.


Untuk selengkapnya, file hasil kajian tersebut dapat diunduh melalui link berikut: